Kamis, 13 November 2014

Tips Memilih Memori RAM untuk APU AMD

Bagi APU AMD, ada satu hardware yang akan sangat membantu performa prosesor ini, yakni memori DDR3. Pemilihan konfigurasi memori DDR3 yang ideal umumnya akan memberikan peningkatan performa signifikan, terutama pada skenario dimana kartu grafis terintegrasi (Integrated Graphics – IGP) digunakan untuk memproses grafis dari game. Ini sebenarnya wajar, karena selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan bandwidth dari CPU, memory DDR3 pada platform berbasis APU juga harus memenuhi kebutuhan si IGP. Tepat satu tahun yang lalu, kami sudah pernah membuktikan bahwa APU Trinity sangatlah menyukai frekuensi RAM ketimbang timing yang ketat. Begitu pula halnya dengan APU Richland yang menunjukkan peningkatan performa besar saat memori DDR3 dengan frekuensi memori tinggi digunakan (2133Mhz hingga 2400Mhz).
Pada Kaveri, AMD memberikan kontroller memori yang kemampuannya sudah ditingkatkan lebih jauh lagi. AMD mengklaim bahwa APU Kaveri sekarang sudah bisa beroperasi dengan memori DDR3-2400Mhz.
Spek_RAMKaveri
Perlu diketahui, bahwa sejak APU Trinity sekalipun, kecepatan DDR3-2400Mhz sudah bisa dicapai, meski tidak semua mainboard dan RAM mendukungnya, karena AMD memberi support resmi hanya sampai DDR3-1866Mhz. Sama halnya dengan APU Richland, dimana AMD mengatakan support resmi hanya sampai DDR3-2133, namun kami bisa dengan mudah mencapai kecepatan DDR3-2400 dengan modul-modul RAM tertentu. Kali ini, untuk pertama kalinya, AMD memberikan dukungan penuh DDR3-2400 pada Kaveri, ini berarti AMD sudah cukup yakin bahwa kontroler memori pada Kaveri sanggup beroperasi pada kecepatan tersebut dengan baik. Tentunya, kecepatan memori yang tinggi disini akan membantu IGP pada Kaveri untuk beroperasi dengan lebih baik.
Tertulis diatas, “Up to 2400Mhz with AMP”. AMP disini adalah singkatan dari AMD Memory Profiles. Profil memori ini pada dasarnya mirip dengan Intel XMP (Xtreme Memory Profile), yang berfungsi untuk menerapkan setting memori hanya dengan me-load profile. Tentunya ini digunakan untuk memudahkan pengguna awam yang ingin merasakan kecepatan memori tinggi tanpa perlu repot mengatur banyak paramater timing dan juga voltase. Kabar baiknya bagi Anda, kami sudah membuktikan bahwa ada beberapa motherboard AMD FM2+ yang mendukung setting memori tidak hanya melalui AMP, namun juga lewat XMP, sehingga pemilihan memori pada platform Kaveri ini bisa cukup fleksibel.

sumberhttp://www.jagatreview.com/2014/01/tips-memilih-memori-bagi-amd-apu-kaveri/

1 komentar:

  1. Nice Post Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
    http://servislaptopmurahsurabaya.blogspot.com

    BalasHapus