Sabtu, 20 Desember 2014

Aplikasi iPad Khusus Bisa Kontrol Pendaratan Pesawat Kecil

Xavion, sebuah aplikasi iPad yang banyak digunakan oleh pilot pesawat-pesawat kecil untuk membantu navigasi, kini memiliki kemampuan baru. Melalui update terbaru, aplikasi tersebut kini bisa mengendalikan pesawat kecil dan membawanya mendarat di bandara terdekat. Fitur baru yang bisa jadi berguna tersebut diharapkan dapat membantu pilot keluar dari situasi darurat dengan lebih baik.
amberg_121117_021
Melalui “autopilot update”, Xavion yang dijalankan di sebuah iPad kini bisa berhubungan langsung dengan sistem di pesawat dan memberikan perintah untuk mengatur pergerakan pesawat tersebut. iPad dengan Xavion tersebut dapat dihubungkan ke sistem pesawat melalui jaringan WiFi. Berdasarkan informasi dari pencipta aplikasi, Austin Meyer, penggunaan Xavion di pesawat kecil tentu saja akan memberikan keunggulan tersendiri untuk keamanan karena hanya dengan biaya tahunan yang tidak terlalu mahal, pilot bisa mendapatkan fitur yang menyerupai perangkat autopilot seharga US$ 30.000.

*sumber: popsci.com
Kreator aplikasi yang juga pencipta aplikasi simulasi pesawat terbang X-Plane tersebut juga membanggakan hasil karyanya tersebut dengan mengungkapkan bahwa Xavion dapat mendaratkan pesawat kecil tanpa campur tangan pilot sama sekali. Hal itu akan sangat berguna apabila terjadi keadaan darurat yang membuat pilot sama sekali tidak bisa mengendalikan pesawat dengan kemampuannya sendiri. Selain itu, aplikasi tersebut memiliki kemampuan untuk mencari landasan tempat mendarat dengan cepat sesuai dengan kondisi aktual di dalam pesawat.
Masih menurut sang kreator, aplikasi kreasinya ini tidak mungkin mendapatkan persetujuan dari badan yang mengurus hal-hal yang berkaitan dengan penerbangan. Namun, dirinya tetap yakin bahwa Xavion dapat meningkatkan tingkat keselamatan dalam penerbangan untuk pesawat-pesawat kecil.

sumber : http://www.jagatreview.com/2014/12/aplikasi-ipad-khusus-bisa-kontrol-pendaratan-pesawat-kecil/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar