Sabtu, 20 Desember 2014

Toshiba 6TB Harddisk

Tuntutan kapasitas storage besar di kalangan korporat maupun pengguna akhir terus terjadi dalam beberapa waktu terakhir ini. Semakin besarnya ukuran dari data yang harus disimpan merupakan penyebab utama dari hal tersebut. Kapasitas 3 TB atau 4 TB, yang umum digunakan saat ini, beberapa tahun lalu sudah dirasa besar kini mungkin sudah tidak lagi mencukupi. Hal itu membuat beberapa produsen storage memproduksi HDD dengan kapasitas yang lebih besar, yaitu 6 TB. Salah satunya adalah Toshiba yang baru saja meluncurkan varian storage mereka, MG04 dengan kapasitas 6 TB.
TOshiba
HDD MG04 baru dari Toshiba ini tersedia dalam interface SATA maupun SAS dan menggunakan form factor 3.5″. Kecepatan transfer yang dimiliki oleh harddisk tersebut dapat mencapai 12 Gb/s dengan interface SAS. HDD ini akan berputar di 7200 RPM serta dilengkapi dengan cache berkapasitas 64MB atau 128 MB. Toshiba juga melengkapi produk tersebut dengan fitur ISE yaitu Instant Secure Erase.
HDD dengan kapasitas besar ini juga ditawarkan dengan tambahan fitur menarik dari Toshiba, yaitu Presistent Write Cache Technology yang diklaim mampu menghindari kehilangan data bahkan dalam situasi dimana aliran listrik putus mendadak. Varian ini juga menawarkan efisiensi daya 50% lebih hemat dari generasi 4 TB sebelumnya.
Saat ini Toshiba memang sedang gencar berusaha mengisi lini storage mereka untuk menghadapi kompetitor di pasaran. Beberapa waktu lalu, beberapa saingan mereka terlebih dahulu merilis produk dengan kapasitas 6 TB mereka, baik untuk korporat maupun pengguna akhir. Namun, dengan fitur yang ditawarkan, tampaknya Toshiba yakin keterlambatan memperkenalkan produk baru tidak jadi masalah.
Belum diketahui harga dan ketersediaan produk ini di tanah air. Pihak Toshiba sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi akan kehadiran produk ini di pasar dunia.

Sumber : http://www.jagatreview.com/2014/12/toshiba-perkenalkan-hdd-sata-dan-sas-berkapasitas-6-tb/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar